RSS

Lanjutan Bab I Pendahuluan

08 Jul

D.     Tujuan dan Sasaran Pengawasan

1. Tujuan Pengawasan

  1. Mewujudkan Pengawas Sekolah yang mampu menyusun program semester pengawas.
  2. Memberikan arah yang jelas bagi kegiatan pengawasan dalam rangka pembinaan, penilaian, dan pemantauan satuan pendidikan
  3. Merancang dan mengelola waktu kegiatan pengawasan untuk mencapai hasil yang diharapkan
  4. Meningkatkan pembinaan kepada satuan pendidikan baik aspek manajerial maupun akademik
  5. Menetapkan acuan dalam penyusunan instrumen supervisi manajerial dan akademik untuk digunakan secara menyeluruh di semua jenjang pendidikan baik oleh pengawas maupun kepala sekolah
  6. Melaksanakan supervisi dengan menggunakan instrumen yang telah dibakukan untuk semua sekolah/madrasah binaan
  7. Membina sekolah secara periodik dan terencana untuk mencapai standar nasional pendidikan
  8. Membina secara khusus sesuai standar yang ditentukan terhadap Sekolah Standar Nasional (SSN/RSKM), Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL) dan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI)
  9. Melakukan pembinaan terhadap Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) untuk meningkatkan profesional akademiknya melalui Lesson Study, CTL dan Pakem secara terprogram.
  10. Meningkatkan implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam rangka  meningkatkan standar mutu lulusan.
  11. Melakukan pembinaan terhadap Musyawarah Guru Pembimbing (MGP) untuk meningkatkan kemampuan profesional melalui pelaksanaan layanan dalam kolaborasi kelompok secara terprogram.
  12. Meningkatkan kinerja sekolah dalam peningkatkan sistem penjaminan mutu pengelolaan dan proses.

2. Sasaran Pengawasan

Sasaran pengawasan adalah satuan pendidikan untuk semua jenjang mulai dari TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK di Kabupaten Kolaka. Adapun sasaran operasional yang ada di masing-masing satuan pendidikan meliputi :

  1. Kepala Sekolah  (manajerial dan akademik)
  2. Pendidik (guru kelas, guru rumpun mata pelajaran, guru mata pelajaran, guru muatan lokal, guru BP/BK dan pelatih pengembangan diri) dalam pengawasan akademik.
  3. Tenaga Kependidikan yang lain (tenaga administrasi, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorim, tanaga kebersihan, dan tenaga  keamanan)
About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 8, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: