RSS

Lanjutan Bab I Pendahuluan

08 Jul

E.     Ruang Lingkup Pengawasan

Berdasarkan jangka waktunya atau periode kerjanya, program pengawasan sekolah terdiri atas: (a) program pengawasan tahunan, dan (b) program pengawasan semester. Program pengawasan tahunan disusun dengan cakupan kegiatan pengawasan pada semua sekolah di tingkat kabupaten/kota dalam kurun waktu satu tahun. Program pengawasan tahunan disusun dengan melibatkan sejumlah pengawas di Kabupaten Kolaka. Program pengawasan semester merupakan penjabaran program pengawasan tahunan pada masing-masing sekolah binaan selama satu semester. Program pengawasan semester disusun oleh setiap pengawas sesuai kondisi obyektif sekolah binaannya masing-masing.

Program pengawasan sekolah adalah rencana kegiatan pengawasan yang akan dilaksanakan oleh pengawas sekolah dalam kurun waktu (satu periode) tertentu.

Agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, pengawas sekolah harus mengawali kegiatannya dengan menyusun program kerja pengawasan yang terarah, dan berkaitan dengan hasil evaluasi kinerja pengawas pada periode sebelumnya.

Secara umum, program pengawasan sekolah mengandung hal-hal pokok sebagai berikut:

  1. Latar belakang
  2. Tujuan pengawasan.
  3. Profil sekolah binaan.
  4. Deskripsi kegiatan pengawasan yang akan dilakukan.
  5. Tahapan atau rangkaian kegiatan yang menunjukkan bagaimana masalah dipecahkan serta bagaimana pekerjaan diselesaikan.

Berangkat dari tugas pokok pengawas satuan pendidikan, maka ruang lingkup kegiatan dalam program pengawasan adalah sebagai berikut:

  1. Penilaian kinerja yang akan dilakukan terhadap:
    1. Kepala sekolah.
    2. Pendidik (guru).
    3. Tenaga kependidikan lain (tenaga administrasi, tenaga laboratorium, dan tenaga perpustakaan).
    4. Pembinaan yang akan dilakukan terhadap :
      1. Organisasi sekolah dalam persiapan menghadapi akreditasi sekolah
      2. Kepala sekolah dalam pengelolaan dan administrasi sekolah.
      3. Guru dalam hal perencanaan, pelaksanaan dan penilaian proses pembe-lajaran/bimbingan berdasarkan kurikulum yang berlaku
      4. Tenaga kependidikan lain (tenaga administrasi, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium).
      5. Penerapan berbagai inovasi pendidikan/pembelajaran
      6. Pengawas pada jenjang di bawahnya dalam bentuk bimbingan untuk melaksanakan tugas pokok kepengawasan.
    5. Pemantauan yang akan dilakukan terhadap:
      1. Pengelolaan dan administrasi sekolah
      2. Pelaksanaan delapan standar nasional pendidikan
      3. Lingkungan sekolah
      4. Pelaksanaan ujian sekolah dan ujian nasional
      5. Pelaksanaan penerimaan siswa baru
      6. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler
      7. Sarana belajar (alat peraga, laboratorium, perpustakaan).
    6. Pengembangan program dalam penerapan SNP dan sistem penjaminan mutu dalam mengembangkan perbaikan mutu berkelanjutan.
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 8, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: