RSS

BAB III. DISKRIPSI PROGRAM PENGAWASAN

29 Jul

 

No

Program dan Rincian Tugas

Sasaran /

Tujuan Supervisi

Kegiatan yang dilakukan

Hasil yang Akan Diperoleh

Metode /

Teknik Supervisi

Indikator Keberhasilan

Jadwal Kerja

I

  PROGRAM PEMBINAAN

 

 

 

 

 

 

A

Supervisi manajerial

 

 

 

 

 

 

1. Pembinaan stadar isi : Penyusunan dan pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

KTSP yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang

  1. Sosialisasi tentang KTSP
  2. Rapat koordinasi dengan tim penyusun KTSP
  3. Memantau penyusunan KTSP
  4. Verifikasi draf KTSP
  5. Fasilitasi pengesahan KTSP

Tersusunnya dokumen KTSP yang sesuai kebutuhan dan konsisi satuan pendidikan

Supervisi standar isi menggunakan instrumen supervisi yang mengacu pada standar isi ( Instrumen Standar 1)

Tersusun dokumen KTSP yang telah disahkan oleh Kepala Dinas Dikmudiora Kolaka

Juni – Juli

2. Pembinaan standar sarana prasarana : Penyusunan rencana induk pengembangan startegis (RIPS) dan pengadaan sarana prasarana

Rencana Induk Pengembangan Strategis (RIPS)

  1. Koordinasi dengan pendidik dan tenaga kependidikan, komite sekolah/ penyelenggara lembaga pendidikan (inventarisasi kebutuhan)
  2. Penyusunan draf pengembangan dan pengadaan sarpras
  3. Finalisasi RIPS dan pengesahan

Tersusun RIPS untuk jangka menengah dan pendek sebagai bagian dari RIPS jangka panjang yang telah ada

Supervisi standar sarana prasarana menggunakan instrumen supervisi yang mengacu pada standar sarana dan prasarana ( Instrumen Standar 5)

Tersusun Rencana Induk Pengembangan Strategis jangka menengah dan jangka pendek

Juli – Agustus

 

3. Pembinaan standar pengelolaan : Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)

Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah (RPS/M) atau program jangka pendek (tahunan)

Koordinasi dengan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah,  wakil pendidik,  tenaga kependidikan terkait, dan komite sekolah/penyelenggara lembaga pendidikan

Penyusunan draf RPS

Finalisasi RPS dan pengesahan

Tersusunnya Rencana Pengembangan Sekolah (program tahunan) yang sesuai dengan sumber daya dan kebutuhan tahun pelajaran yang sedang  berjalan  

Supervisi standar pengelolaan menggunakan instrumen supervisi yang mengacu pada standar pengelolaan      ( Instrumen Standar 6)

Tersusun Rencana Pengembangan Sekolah (Program Tahunan)

Juli – Agustus

 

4. Pembinaan standar pembiayaan : Penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS)

Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) menjadi APBS

Koordinasi dengan Kapala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, bendaharawan, dan tenaga kependidikan yang terkait dengan pembiayaan

Penyusunan draf RAPBS

Pengesahan RAPBS

Revisi RAPBS

Pleno dengan orang tua siswa dan donatur pendidikan

Finalisasi RAPBS manjadi APBS

Tersusunnya APBS sesuai skala prioritas dan kebutuhan sekolah serta sumber dana yang tersedia pada tahun pelajaran yang sedang berjalan

Supervisi standar pembiayaan menggunakan instrumen supervisi yang mengacu pada standar pembiayaan      ( Instrumen Standar 7)

Tersusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (APBS) yang telah disahkan Kepala Dinas Pendidikan

Agustus – September

B

Supervisi Akademik

 

 

 

 

 

 

1.Pembinaan standar proses:             Penyusunan dan pengembangan silabus, KKM, RPP, program tahunan, program semester

Pendidik dan tenaga kependidikan (tenaga perpustakaan dan tenaga laboratorium)

Sosialisasi, koordinasi, dan pembinaan

 Workshop dan tugas mandiri penysunan perangkat pembelajaran

Pengesahan oleh Kepala Sekolah

Tersusunnya silabus, KKM, RPP, program tahunan, dan program semester

Supervisi standar proses menggunakan instrumen supervisi yang mengacu pada standar proses yang meliputi IPKG-1, IPKG-2, IPKG-3, IPKG-4, dan IPKG-5 ( 5 tupoksi guru)

Terwujudnya kegiatan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan

Juli – Mei

2. Pembinaan standar kompetensi lulusan : Penyusunan rencana strategis dalam meningkatkan pencapaian hasil ujian (kelulusan)

Lulusan dengan persentase dan kualitas yang tinggi

Koordinasi dan pembinaan

Bedah (kajian) SKL, baik SKL UN dan US maupun SKL dalam Permendiknas RI     No. 23 / 2006

 Penetapan stndar/kriteria kelulusan

Pengesahan kriteria kelulusan ujian sekolah dan ujian nasional

Tersusunnya hasil telaah SKL dalam bentuk kisi-kisi UN dan US

Terwujudnya kriteria kelulusan ujian sekolah dan ujian nasional

Supervisi standar kompetensi lulusan menggunakan instrumen supervisi yang mengacu pada standar proses              ( Instrumen Standar 2)

Menghasilkan lulusan dengan prosentase  dan nilai rata-rata yang tinggi

Februari – April

3. Pembinaan standar pendidik dan tenaga kependidikan : Penyusunan instrumen supervisi dan pelaksanaan supervisi

Pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional

 

Koordinasi dan pembinaan

Bimbingan teknis terhadap tupoksi pandidik dan tenaga kependidikan

Bimbingan teknis pengembangan profesi guru (PTK)

Bimbingan teknis khusu tenaga kependidikan (administrasi, perpustakaan, laboratorium)

Terwujudnya pendidik dan tenaga kependidikan yang kompeten

Terwujud kualifikasi guru sesuai bidang tugasnya (tidak  missmed)

Supervisi standar pendidik dan tenaga kependidikan menggunakan instrumen supervisi yang mengacu pada standar pendidik dan tenaga kependidikan    ( Instrumen Standar 4)

Terwujudnya pendidik (guru) dan tenaga kependidikan (tenaga administrasi, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium) yang kompeten dan profesional

Oktober – Januari

4. Pembinaan standar penilaian pendidikan : Penyusunan instrumen penilaian dan supervisi penilain hasil belajar

Sistem penilaian yang valid, obyektif, adil, terpadu, terbuka, menyeluruh dan berkesinambungan , sistematis, acuan kriteria, dan akuntabel

Koordinasi dan pembinaan

Bimbingan teknis pengembangan sistem penilaian

Workshop penyusunan instrumen penilaian, analisis, dan tindak lanjut

Tersusunnya instrumen penilaian, analisis hasil penilaian, dan tindak lanjut (perbaikan dan pengayaan)

Supervisi standar penilaian menggunakan instrumen supervisi yang mengacu pada standar penilain pendidikan ( Instrumen Standar 8)

Tercapainya penilaian hasil belajar dengan tingkat ketuntasan yang tinggi (pencapaian KKM), prosentase kenaikan, dan hasil kelulusan

Agustus – Juni

II

PROGRAM PENILAIAN

 

 

 

 

 

 

 

1. Kepala Sekolah

Manajemen Kepala Sekolah

Melaksanakan supervisi manajerial

Terwujud manajemen yang sistematis, transparan, dan akuntabel

Supervisi manajemen Kepala Sekolah menggunakan instrumen manajerial

Terwujud sistem pengelolaan yang tertib, sistematis, transparan dan akuntabel. Iklim sekolah yang aman, nyaman, dan penuh kekeluargaan

November

 

2. Pendidik

Tugas pokok  dan fungsi pendidik

Melaksanakan supervisi akademik

Nilai kinerja pendidik

Supervisi kinerja guru menggunakan Instumen Penilaian Kinerja Guru (IPKG)

Nilai kinerja guru 90% minimal baik

Desember

 

3. Tenaga Kependidikan

Tugas pokok dan fungsi tenaga kependidikan

Melaksanakan supervisi manajerial

Nilai kinerja tenaga kependidikan

Supervisi kinerja tenaga kependidikan menggunakan Instumen Penilaian Kinerja Tendik (IPKT)

Nilai kinerja tenaga kependidikan minimal 90% lbaik

Januari

III

PROGRAM PEMANTAUAN

 

 

 

 

 

 

 

1. Administrasi Sekolah

Administrasi Kepala Sekolah, kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana, hubungan masyarakat,dan perkantoran

Memantau dan verifikasi administrasi Kepala Sekolah, kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana, hubungan masyarakat,dan perkantoran

Administrasi yang tertib, benar,  dan sistematis, dan lengkap

Pemeriksaan fisik dan dokumentasi

90% administrasi terlaksana dengan tertib dan benar

Maret

 

2. Standar Nasional Pendidikan

Standar isi,  standar proses, SKL, standar pendidik dan tendik, standar sarara prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan strandar penilaian

Memantau pelaksanaan pencapaian standar nasional pendidikan dan memeriksa dokumennya, dapat diintegrasikan dengan kegiatan penilaian dan pembinaan

Tercapainya standar nasional pendidikan (8 standar)

Pemeriksaan fisik dan dokumentasi

Minimal 3 dari 8 standar memenuhi standar nasional pendidikan

April

 

3. Ulangan Tengah Semester (UTS)

Ulangan tengah semester 1 dan 2

Monitoring pelaksanaan ulangan tengah semester

Terlaksana UTS yang tertib, aman, dan lancar

Menggunakan instrumen monitoring

Mencapai ketuntasan UTS klasikal minimal 85%

Oktober

 

4. Ulangan Akhir Semester dan Ulangan Kenaikan Kelas (UAS dan UKK)

Ulangan akhir semester(smt 1) dan ulangan kenainakan kelas (smt 2)

Monitoring pelaksanaan ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas

Terlaksana UAS dan UKK yang tertib, aman, dan lancar

Menggunakan instrumen monitoring

Mencapai ketuntasan UAS dan UKK klasikal minimal 85%

Desember dan Mei

 

5. Lingkungan Sekolah

Keamanan, ketertiban, kebersihan, kesehatan, kerindangan, kenyamanan, keindahan

Memantau pelaksanaan dan memeriksa dokumen

Tercipta lingkungan sekolah yang memenuhi 7K

Menggunakan instrumen monitoring

Kondisi sekolah yang memenuhi 7K

Februari – Maret

 

6. Ujian Sekolah dan Ujian Nasional

Pelaksanaan UN dan US yang tertib, aman, dan lancar

Monitoring ujian nasional dan ujian sekolah/madrasah

Terlaksana UN dan US yang tertib, aman, dan lancar

Menggunakan instrumen monitoring

Mencapai persentase kelulusan minimal 95% dengan nilai rata-rata di atas nilai rata-rata provinsi

April – Mei

 

7. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru

Monitoring pelaksanaan PPDB

Terlaksana PPDB yang tertib, aman, lancar, transparan, dan akuntabel

Menggunakan instrumen monitoring

Memperoleh siswa baru yang kompeten dan memenuhi target daya tampung

Juni/Juli

 

8. Pengembangan Diri (ekstrakurikuler)

Pelaksanaan kegiatan pengembangan diri

Monitoring dan supervisi pelaksanaan program pengembangan diri

Terlaksana kegiatan pengembangan diri yang tertib, lancar sesuai bakat dan minat

Menggunakan instrumen monitoring

Menghasilkan siswa yang kompeten sesuai minat dan bakatnya

Agustus – Mei

 

9. Sarana dan Prasarana

Pengadaan dan pemberdayaan sarana dan prasarana

Monitoring dan supervisi pengadaan dan pemberdayaan sarana dan prasarana

Terwujud sarana dan prasarana sesuai standar nasional pendidikan dan pemberdayaan yang optimal

Menggunakan instrumen monitoring

Minimal 75% kebutuhan sarana dan prasarana terpenuhi

Oktober

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 29, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: