RSS

PROGRAM SEMESTER GANJIL KEPENGAWASAN MANAJERIAL

29 Jul

PROGRAM SEMESTER GANJIL KEPENGAWASAN MANAJERIAL UNTUK SEKOLAH MENENGAH

BINAAN DI KABUPATEN KOLAKA

TAHUN PELAJARAN 2012/2013

 

Nama Pengawas                             : MUH.SUNUSI, S.Pd.

NIP                                                     : 19661110 198812 1 005

Pangkat, Golongan                        : Pembina, IV/a

Jabatan Pengawas                         : Pengawas Madya

Jenjang Kepengawasan                : SM

Sekolah Binaan                               : 1. SMA Negeri 1 Pomalaa

: 2. SMA Negeri 1 Ladongi

: 3. SMA Negeri 1 Wolo

: 4. SMP Negeri 2 Ladongi

: 5. SMP Satap 1 Toari

Wilayah Binaan                              : Kabupaten Kolaka

Identifikasi Masalah                      : 1. Peningkatan kualitas Penerimaan Siswa Baru

2. Adanya Evaluasi Diri Sekolah (EDS) berdasarkan 8 Standar Nasional Pendidikan

3. Keterlaksanaan Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Sapras,

Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan,

dan Standar Penilaian.

 

Deskripsi Kegiatan

No.

Tujuan

Sasaran

Target Keberhasilan

Indikator Keberhasilan

Metoda Kerja

Jadwal Pembinaan

1. Mengendalikan pelaksanaan penerimaan siswa baru sesuai dengan ketentuan Kepala SekolahPanitia Penerimaa Siswa Baru (PSB) Pelaksanaan Penerimaan siswa Baru sesuai dengan ketantuan yang telah ditetapkan oleh Dinas Dikmudora kabupaten Kolaka –      Adanya Adminstrasi Penerimaan Siswa Baru.-      Jumlah Siswa yang diterima sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan.

–      Penerimaan Siswa Baru sesuai dengan Jadwal yang telah ditetapkan.

Kunjungan sekolahObservasi

Wawancara

Studi Dokumen

Pendampingan

Juni, Juli 2012
2. Mengetahui  persiapan awal tahun pelajaran terutama pembagian tugas guru dan Pegawai Kepala SekolahWakasek Kurikulum. Pada awal tahun pelajaran kegiatan sekolah sudah dipersiapkan, sehingga kegiatan sekolah dapat dilaksanakan dengan baik sejak awal. –        Adanya Agenda Hasil Rapat kerja Awal Tahun.-        Adanya SK Kepala Sekolah tentang pembagian tugas guru dan pegawai.

–        Bukti fisik kegiatan awal tahun lainnya.

Kunjungan sekolahStudi Dokumen

Wawancara

Juni, Juli 2012
3 Membimbing Kepala Sekolah, Guru dan Pegawai dalam Evaluasi Diri  Sekolah (EDS) tentang 8 Standar Nasional Pendidikan Kepala SekolahGuru dan

Pegawai

Tersusunnya Dokumen Evaluasi Diri Sekolah. Semua sekolah binaan dapat menyusun Evaluasi Diri Sekolah sehubungan dengan 8 Standar Nasional Pendidikan WorkshopKunjungan sekolah

Bimbingan teknis

Juli, Agustus, September 2012
4 Supervisi, Monitoring dan Evaluasi tentang Kesiapan pelaksanaan Standar Isi Kepala SekolahWakasek Kurikulum Terlaksananya Standar Isi Sesuai dengan Program yang telah ditetapkan oleh masing-masing sekolah binaan yang terdiri dari :

  1. Kerangka dasar Kurikulum.
  1. Struktur Kurikulum.
  1. Beban Belajar.
  1. KTSP (Dokumen I)
  1. Kalender Pendidikan.
Semua sekolah binaan memiliki kesiapan pelaksanaan Standar Isi antara lain: 

 

 

 

 

–        Terlaksananya muatan kurikulum minimal 5-6 muatan.

–        Pengembangan/penyusunan kurikulum SNP minimal

–        Kurikulum SNP yang dilaksanakan dalam pembelajaran minimal 3-4 prinsip.

–        Isi/muatan dalam struktur kurikulum SNP minimal 4-5 muatan.

–        Sekolah menjabarkan mata pelajaran dalam SK dan KD dengan benar dan sesuai Permendiknas No. 22/2006, minimal 4-6 mata pelajaran.

–        Beban belajar di sekolah dilaksanakan minimal 2 cara.

–        Mata Pelajaran SNP keseluruhan yang berisi program penugasan terstruktur minimal 26%-50% yang dilaksanakan.

–        Sekolah memiliki program kegiatan mandiri / tidak terstruktur pada mata pelajaran SNP minimal memenuhi 2 buah ketentuan.

–        Dalam Mengimplementasikan penyusunan mapel SNP, minimal memenuhi 3 ketentuan.

–        Sekolah mengembangkan silabus dari seluruh mapel SNP dilakukan minimal memenuhi 3 ketantuan.

–        Sekolah mengembangkan RPP dari seluruh mapel SNP dilakukan memenuhi minimal 3 ketentuan.

–        Besarnya KKM yang ditetapkan oleh sekolah terhadap semua mapel minimal 2-5 mapel dengan KKM ≥ 7,5.

–        Sekolah menyusun kalender pendidikan telah memenuhi minimal 3 ketantuan.

Kunjungan sekolahSupervise

Studi Dokumen

Wawancara.

 

Oktober 2012
5. Supervisi, Monitoring dan Evaluasi tentang Kesiapan pelaksanaan Standar Proses. Kepala Sekolah,Wakasek Kurikulum, Guru Terlaksananya Standar Proses Sesuai dengan Program yang telah ditetapkan oleh masing-masing sekolah binaan yang terdiri dari :

  1. Perencanaan Proses Pembelajaran.
  1. Pelaksanaan Proses Pembelajaran.
  1. Penilaian Hasil Belajar.
  1. Pengawasan Proses Pembelajaran.
Semua sekolah binaan memiliki kesiapan pelaksanaan Standar Proses antara lain:-        Dasar-dasar yang digunakan untuk membuat perencanaan pengambangan / penyusuna silabus untuk semua mapel SNP di sekolah telah memenuhi 2 unsur.

–        Dalam pembuatan RPP mapel SNP secara lengkap dan sistematik yang telah memenuhi 11 ketentuan, minimal 4-6 mapel telah memenuhi syarat.

–        Dalam susunan / pengembangan tujuan, metode, dan rencana pelaksanaan pembelajaran di dalam RPP dari mapel SNP yang telah mencantumkan atau memuat cara-cara pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa masing-masing minimal antara 51%-75% terpenuhi.

–        Kesesuaian antara isi bahan ajar terhadap tuntutan silabus dalam pengembangan RPP minimal 51% – 75%.

–        Rata-rata beban kerja guru minimal antara 18-23 jam/minggu.

–        Jumlah guru yang melaksanakan pembelajaran dan telah memenuhi langkah-langkah dalam kegiatan pendahuluan yaitu penyiapan siswa, pertanyaan, penjelasan tujuan dan penjelasan materi pembelajaran minimal 51%-75%.

–        Keterlaksanaan (proses) penilaian hasil belajar oleh sekolah berdasarkan ketantuan yaitu untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik, sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran telah memenuhi minimal 51% – 75%.

–        Sekolah melaksanakan pentahapan pemantauan proses pembelajaran minimal telah memenuhi 2 tahapan.

–        Sekolah melaksanakan supervise proses pembelajaran minimal melalui 2 tahapan.

–        Sekolah melaksanakan evaluasi proses pembelajaran dengan tujuan untuk menentukan kualitas pembelajaran dan kinerja sekolah.

–        Sekolah melaporkan hasil pemantuan, supervise, dan evaluasi proses pembelajaran kepada pemangku kepentingan minimal kepada Guru/dewan guru dan pengawas/Dinas pendidikan Kab. Kolaka.

Kunjungan sekolahSupervise

Studi Dokumen

Wawancara.

Nopember sd Desember 2012

Kolaka,     Juli  2012

Menyetujui,

Korwas,                                                                                                                                                 Pengawas Binaan,

Burhan S.Pd., M.Pd.                                                                                                                              Muh. Sunusi, S.Pd.

NIP: 19630116                                                                                         NIP: 19661110 198812 1 005

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 29, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: