RSS

PROGRAM TAHUNAN MANAJERIAL

29 Jul

PROGRAM TAHUNAN PENGAWASAN MANAJERIAL SEKOLAH KABUPATEN KOLAKA

TAHUN PELAJARAN 2012/2013

UNTUK SEKOLAH BINAAN

Nama Pengawas : Muh. Sunusi, S.Pd. Sekolah Binaan : 1. SMAN 1 Pomalaa
Jenjang JabatanJenis Pengawas : Pengawas Madya: Pengawas Satuan Pendidikan SMA : 2. SMAN 1 Ladongi: 3. SMAN 1 Wolo
Wilayah : Kabupaten Kolaka : 4. SMPN 2 Ladongi: 5. SMP Satap 1 Toari

No

Jenis Kegiatan

Sasaran

Hasil yang diharapkan

Waktu Kegiatan

Alat Pengumpul Data

I

Evaluasi Diri Sekolah (EDS) tentang 8 Standar Nasional Pendidikan

  1. Standar Sapras
  1. Standar isi
  1. Standar Proses
  1. Standar Penilaian
  1. Standar Kompetensi Lulusan
  1. Standar pengelolaan
  1. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  1. Standar Pembiayaan
1.1.     Apakah sarana sekolah sudah memadai?1.2.     Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara baik?

2.1. Apakah kurikulum sudah sesuai dan relevan?

2.2. Bagaimana sekolah menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik?

3.1. Apakah silabus sudah sesuai dan relevan?

3.2. Apakah RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif?

3.3. Apakah sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses dan dipergunakan secara tepat?

3.4. Apakah pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL?

3.5. Apakah sekolah memenuhi kebutuhan sarana peserta didik?

3.6. Bagaimana cara sekolah mempromosikan dan mempertahankan etos pencapaian prestasi?

4.1. Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik, baik dalam bidang akademik maupun non akademik?

4.2. Bagaimana penilaian berdampak pada proses belajar?

4.3. Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka?

5.1. Apakah peserta didik dapat mencapai prestasi akademik yang diharapkan?

5.2. Apakah peserta didik dapat

mengembangkan potensi secara penuh sebagai anggota masyarakat?

6.1. Apakah kinerja pengelolaan berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat, dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak?

6.2. Apakah ada tujuan dan rencana untuk perbaikan yang memadai?

6.3. Apakah ada dampak rencana pengembangan sekolah/rencana sekolah terhadap peningkatan hasil belajar?

6.4. Bagaimanakah cara pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid?

6.5. Bagaimana cara memberikan dukungan dan kesempatan pengembangan profesi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan?

6.6. Bagaimana cara masyarakat mengambil bagian dalam kehidupan sekolah?

7.1. Apakah pemenuhan jumlah pendidik dan tenaga  kependidikan lain sudah memenuhi?

8.1. Bagaimana sekolah mengelola keuangan?

8.2. Upaya apakah yang telah dilaksanakan oleh sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaanlainnya?

8.3. Bagaimana cara sekolah menjamin kesetaraan akses?

 

Bulan Juli s.d September 2011

Instrumen EDS (8 Standar Nasional Pendidikan

II

Supervisi,Monitoring, dan Evaluasi tentang 8 Standar Nasional Pendidikan

1

Standar Isi

  1. Kerangka dasar kurikulum
  1. Struktur kurikulum
  1. Beban Belajar
  1. KTSP (Dokumen I)
  1. Kalender Pendidikan
1.1.     Terlaksananya muatan kurikulum minimal 5-6 muatan.1.2.     Pengembangan/penyusunan kurikulum SNP minimal memenuhi 5-6 panduan.

1.3.     Kurikulum SNP yang dilaksanakan dalam pembelajaran minimal 3-4 prinsip

2.1. Isi/muatan dalam struktur kurikulum SNP minimal 4-5 muatan.

2.2. Sekolah menjabarkan mata pelajaran dalam SK dan KD dengan benar dan sesuai Permendiknas No. 22/2006, minimal 4-6 mata pelajaran.

3.1. Beban belajar di sekolah dilaksanakan minimal 2 cara.

3.2. Mata pelajaran SNP keseluruhan yang berisi program penugasan terstruktur minimal 26%-50% yang dilaksanakan.

3.3. Sekolah memiliki program kegiatan mandiri/tidak terstruktur pada mata pelajaran SNP minimal memenuhi 2 buah ketentuan.

4.1. Dalam mengimplementasikan penyusunan maple SNP, minimal memenuhi 3 ketentuan.

4.2. Sekolah mengembangkan silabus dari seluruh maple SNP dilakukan minimal memenuhi 3 ketentuan.

4.3. Sekolah mengembangkan RPP dari seluruh maple SNP  dilakukan memenuhi minimal 3 ketantuan.

5.1. Besarnya KKM yang ditetapkan oleh sekolah terhadap semua mapel minimal 2-5 mapel dengan KKM ≥ 75.

5.2. Sekolah menyusun kalender pendidikan telah memenuhi minimal 3 ketentuan.

 

Bulan Oktober 2011

  1. Instrumen Standar Isi (Supervisi,Monitoring, dan Evaluasi)

2

Standar Proses (PBM)

  1. Perencanaan Proses Pembelajaran.
  1. Pelaksanaan Proses Pembelajaran
  1. Penilaian Hasil Belajar.
  1. Pengawasan Proses Pembelajaran

 

1.1.     Dasar-dasar yang digunakan untuk membuat perencanaan pengembangan atau penyusunan silabus untuk semua mapel SNP di sekolah telah memenuhi minimal 2 unsur.1.2.    Dalam pembuatan RPP mapel SNP secara lengkap dan sistematik yang telah memenuhi 11 ketentuan minimal 4-6 mapel telah memenuhi syarat.

1.3.    Dalam susunan/pengembangan tujuan,metode,dan rencana pelaksanaan pembelajaran di dalam RPP dari mapel SNP yang telah mencamtumkan atau memuat cara-cara pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa masing-masing minimal antara (51-75) % telah terpenuhi.

1.4.    Kesesuaian antara isi bahan ajar terhadap tuntutan silabus dalam pengembangan RPP minimal (51-75)%.

2.1.   Rata-rata beban kerja guru minimal antara 24 jam/minggu.

2.2.   Jumlah guru yang melaksanakan pembelajaran dan telah memenuhi langkah-langkah dalam kegiatan pendahuluan yaitu penyiapan siswa, pertanyaan, penjelasan tujuan dan penjelasan materi pembelajaran minimal (51-75)%.

3.1.     Keterlaksanaan (proses) penilaian hasil belajar oleh sekolah berdasarkan ketentuan yaitu untuk mengukur pencapaian kompetensi pesesrta didik, sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki

proses pembelajaran telah memenuhi minimal (51-75)%.

4.1. Sekolah melaksanakan pentahapan pematauan proses pembelajaran minimal telah memenuhi 2 tahapan.

4.2. Sekolah melaksanakan supervise proses pembelajaran minimal melalui 2 tahapan.

4.3. Sekolah melaksanakan evaluasi proses pembelajaran dengan tujuan untuk menentukan kualitas pembelajaran dan kinerja sekolah.

4.4. Sekolah melaporkan hasil pemantauan, supervise, dan evaluasi proses pembelajaran kepada pemangku kepentingan minimal kepada Guru/dewan guru dan pengawas/Dinas pendidikan Kab/Kota.

4.5. Tindak lanjut dari hasil pengawasan oleh pemangku kepentingan minimal 2 cara.

Bulan Nopember-Desember 2011

  1. Instrumen Standar Proses (Supervisi, Monitoring, dan Evaluasi)

3

Standar Kompetensi kelulusan

  1. Kompetensi Lulusan

 

1.1.    Rata-rata nilai ketuntasan  belajar kelompok mata pelajaran IPTEK yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggeris,Matematika, IPS, dan TIK (dihitung dari rata-rata nilai ulangan semester 1 dan 2 tahun terakhir minimal (65.00 -69.99).

1.2.    Sekolah mengadakan kegiatan

Pembiasaan (dilakukan rutin dengan frekuensi tinggi) bagi siswa untuk memperoleh pengalaman belajar minimal 3 kegiatan.

1.3.    Sekolah memiliki pemetaan SK/KD dalam silabus yang menujukkan keterkaitan aspek pendidikan kewarganegaraan dan kepribadian dengan sejumlah mata pelajaran minimal 2 mapel.

1.4.    Rata-rata nilai ketuntasan belajar kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia yaitu mapel Pendidikan Agama (dihitung dari rata-rata nilai ulangan semester 1 dan 2 tahun terakhir) minimal antara 65.00 – 69.99.

1.5.    Sekolah mengadakan kegiatan terprogram agar siswa memperoleh pengalaman menghasilkan karya kreatif  baik individual maupun kelompok, minimal memenuhi 2 jenis kegiatan dan/atau 2 kali kegiatan.

1.6.    Sekolah mengadakan kegiatan terprogram agar siswa memperoleh pengalaman belajar dalam mengembangkan IPTEK seiring dengan perkembangannya, dalam satu tahun terakhir memenuhi minimal 2 jenis kegiatan dan/atau 2 kali kegiatan.

 

Bulan Januari 2013

3. Instrumen Standar Kompetensi Lulusan (Supervisi,Monitoring, dan Evaluasi)

4

Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

  1. Guru
  1. Kepala Sekolah
  1. Tenaga Administrasi.

 

1.1.   Jumlah guru yang telah memiliki kualifikasi D-IV atau S1 dari perguruan tinggi teragreditasi minimal (51-75)%.2.1.   Kualifikasi pendidikan Kepala Sekolah minimal S1/D-IV.

3.1.    Kualifikasi pendidikan kepala administrasi minimal D-II.

 

Bulan  Februari 2013

  1. Instrumen Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (Supervisi, monitoring, dan Evaluasi)

 

No

Jenis Kegiatan

Sasaran

Hasil yang diharapkan

Waktu Kegiatan

Alat Pengumpul Data

5

Standar Sarana dan Prasarana

  1. Lahanan
  1. Bangunan
  1. Kelengkapan Prasarana dan Sarana
1.1.    Sekolah memiliki luas lahan minimal (26-50)% atau lebih untuk SSN dengan jumlah anak per rombongan belajar kelas 7,8,9 masing-masing 32 siswa.2.1.   Bangunan memiliki luas lantai minimal (26-50)% dengan jumlah anak per rombongan belajar siswa 7,8,9 masing-masing 15-32 siswa dari standar yang telah ditentukan.

3.1.    Sekolah memiliki kelengkapan Sapras pada tahun terakhir minimal memenuhi 5-9 jenis

Bulan Maret 2013

  1. Instrumen Sarana dan Prasarana (Supervisi, Monitoring, dan Evaluasi)

6

Standar Pengelolaan

  1. Rencana Kerja Sekolah
  1. Pelaksanaan Rencana Kerja Sekolah
  1. Pengawasan dan Evaluasi
  1. Kepemimpinan Sekolah
  1. Sistem Informasi Manajemen Sekolah
1.1.   Sekolah telah merumuskan dan menetapkan visi lembaga, minimal memenuhi 3-4 Unsur.2.1.   Sekolah memiliki pedoman-pedoman yang mengatur berbagai aspek pengelolaan / kegiatan secara tertulis dan mudah dipahami oleh pihak-pihak terkait, minimal memiliki 3-4 pedoman.

3.1.   Sekolah melaksanakan sosialisasi kepada warga sekolah tentang program-program pengawasan minimal memenuhi 3 kegiatan dalam tahun terakhir.

4.1.   Sekolah memiliki struktur kepemimpinan sesuai standar pendidik dan tenaga kependidikan, minimal memenuhi 3 jenis / unsure / tahapan.

5.1.    Sekolah memiliki system manajemen sebagai bentuk penyebarluasan dan penerimaan informasi untuk mendukung administrasi pendidikan, minimal memenuhi 5-8 bentuk.

Bulan April 2013

  1. Instrumen Standar pengelolaan (Supervisi, monitoring, dan Evaluasi)

7

Standar Pembiayaan

  1. Biaya Investasi
  1. Biaya Operasional
  1. Biaya Personal
  1. Transparansi dan Akuntabilitas

 

1.1.   Sekolah menyusun RKS dan RKAS yang di dalamnya memuat RAPBS dengan melibatkan minimal 3-6 unsur dalam tahun terakhir.2.1.   Sekolah membelanjakan atau membayar gaji, insentif, transport, dan tunjangan lin penidik dari anggaran gaji pendidikan, maka dari dana yang dialkosikan pada tahun berjalan minimal mencapai (81-90)%.

3.1.   Sekolah menggunakan sumbangan pendidikan atau dana dari masyarakat/komite sekolah untuk peningkatan mutu pendidikan baik berupa sumbangan, infaq, dan bantuan lain dan juga bantuan dari pemerintah (pusat dan daerah) dalam tahun terakhir minimal memenuhi 2 unsur.

4.1.    Sekolah memiliki pedoman pengelolaan keuangan sebagai dasar dalam penyusunan RKAS (RAPBS) minimal 2 tahun.

 

Balan Mei 2013

  1. Instrumen Standar Penilaian (supervise, Monitoring, dan Evaluasi)

8

Standar Penilaian

  1. Penilaian oleh Pendidik
  1. Penilaian oleh Satuan Pendidikan
  1. Penilaian oleh Pemerintah
1.1.   Jumlah guru yang menginformasikan rancangan dan criteria penilaian yang ada dalam silabus mata pelajaran kepada siswa pada awal semester dalam satu tahun terakhir, minimal  (26-50)% guru menyampaikan.2.1.   Jumlah mata pelajaran yang ditentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)-nya melalui rapat dewan guru dengan memperhatikan: Karaktristik siswa, karaktristik mata pelajaran, dan kondisi sekolah dalam tahun terakhir minimal (56- 70)%.

3.1.    Sekolah memiliki prestasi UN yang ditunjukkan dengan presentase kelulusan pada tahun terakhir, minimal (71-80)%.

Bulan  Juni 2013

  1. Instrumen Standar Penilaian (Supervisi, Monitoring, dan Evaluasi)

Kolaka,     Juli  2012

Menyetujui,

Korwas,                                                                                                                                                                     Pengawas Binaan,

Burhan,S.Pd., M.Pd.                                                                                                                                                  Muh. Sunusi, S.Pd.

NIP: 19630116 198403 1 005                                                                                                                                   NIP: 19661110  198812 1 005

Mengetahui,

Kepala Dinas Dikmudora,

Drs. H. Abdullah H, M.Si.

Pembina Utama Muda. Gol. IV/c

NIP. 19591231 198503 1 196

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 29, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: