RSS

3. RENCANA KEPENGAWASAN SUPERVISI MANAJERIAL ( RKSM 03 )

28 Sep

3. RENCANA KEPENGAWASAN SUPERVISI MANAJERIAL

( RKSM 03 )

(Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan)

 

A. Aspek / Masalah :

Memantau pelaksanaan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan  dan memanfaatkan hasil-hasilnya untuk membantu kepala sekolah dalam mempersiapkan akreditasi sekolah..

B. Tujuan :         

Membantu kepala sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan pencapaian Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan  serta membantu mempersiapkan akreditasi sekolah/madrasah.

C. Indikator Keberhasilan :

Semua sekolah binaan memiliki kesiapan pelaksanaan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan antara lain:

a   Guru.

  1. Jumlah guru yang telah memiliki keualifikasi D-IV atau S1 dari peguruan tinggi teragreditasi minimal (51-75)%.
  2. Jumlah guru mata pelajaran yang mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikannya dari keseluruhan guru yang ada minimal (51-75)%.
  3. Guru-guru memiliki kesehatan jasmani dan rohani untuk menjalankan tugas mengajar, yaitu antara lain dibuktikan dengan tingkat kehaadiran mengajar dalam waktu satu semester minimal (91-95)%.
  4. Jumlah guru yang mampu merencanakan pembelajaran sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran dan tercantum/terbukti ada seperti RPP, bahan ajar, media pembelajaran, adminstrasi penilaian, dll. Minimal (51-75)%.
  5. Tingkat pelanggaran yang dilakukan guru-guru ditinjau dari salah satu dan atau lebih dari sisi (1) norma agama, (2) hukum, (3) sosial, (4) peraturan, dan (5) ketentuan lain yang berlaku dalam satu tahun terakhir minimal ≤ 1 %.
  6. Sekolah menyelenggarakan kegiatan untuk pembinaann kompetensi sosial guru, yaitu dapat berkomunikasi secara efektif dan santun dengan sesama guru, tenaga kependidikan, dan orang tua siswa. Seperti (1) Rapat Dewan Guru mingguan/2mingguan/bulanan (rutin), (2) rapat semua warga sekolah (guru dan karyawan), (3) rapat dengan komite sekolah / orang tua siswa, (4) rapat dengan pihak lain (pemangku kepentingan), dalam satu tahun terakhir minimal 2 kegiatan pembinaan kompetensi sosial.

 

  1. a.      Kepala Sekolah

1.   Kualifikasi pendidikan Kepala Sekolah minimal S1 / D-IV

c.  Tenaga Administrasi

  1. Kulaifikasi pendidikan Kepala Adinistrasi minimal D-II.

D.    Strategi/Metode Kerja (Teknik Supervisi) :

1.  Studi Dokumen

  1. Wawancara

3.  Monitoring dan evaluasi

  1. Supervisi dan pembinaan

E.   Skenario Kegiatan :

  1. 1.      Pertemuan Awal (koordinasi)

a. Melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum dan Guru untuk menyususn rencana kegiatan  yang terkait dengan kesiapan pelaksanaan Standar Kompetensi Lulusan.

  1. Menyiapkan sarana pendukung yang diperlukan dalam kegiatan ini.

2     Pertemuan Inti(Supervi, Monitoring, dan Evaluasi)

  1. Melaksanakan Supervisi, Monitoring dan Evaluasi tentang kesiapan pelaksanaan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan di masing-masing sekolah binaan .
  2. Mempelajari dan memahami indikator butir-butir dari Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan sebagai panduan dalam menyiapkan bukti fisik yang ada.
  3. Mengisi Instrumen Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan dan Teknik Skoring (TS) oleh masing-masing sekolah sebagai bentuk evaluasi diri.

3     Pertemuan Akhir

a.   Refleksi hasil Supervisi yang dilakukan oleh pengawas bersama kepala sekolah serta unsur yang terkait.

  1. Merumuskan kesimpulan untuk ditindak lanjuti
  2. Mengumpulkan hasil supervisi untuk bahan evaluasi

F.  Sumber Daya yang Diperlukan :

  1. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan.
  2. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 12, 13, dan 16 Tahun 2007 tentang Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
  3. Instrumen Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  4. Petunjuk Teknik Skoring.
  5. Bukti fisik administrasi sekolah/madrasah tentang Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

G. Penilaian dan Instrumen :

  1. Penilaian : Sudah tercantum dalam Instrumen.
  2. Instrumen : Instrumen Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

H. Rencana Tindak Lanjut

1. Melaksanakan koordinasi sebagai refleksi hasil pemantauan, dengan menyampaikan hasil pemantauan kepada seluruh warga sekolah dan komite sekolah,.

2.  Merencanakan program pemantauan untuk tahun berikutnya dengan menggunakan acuan hasil pemantauan yang telah dilaksanakan.

  1. Melaporakan hasil supervisi kepada Kepala Dinas Dikmudora Kabupaten Kolaka, untuk digunakan sebagai acuan dalam pengambilan kebijakan.

 

 

      Kolaka ,      Februari 2013

                                                                                                                Pengawas  Pembina,

 

                                                                                                                Muh. Sunusi, S.Pd.       

                                                                                                                NIP. 19661110 198812 1 005

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 28, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: