RSS

5. RENCANA KEPENGAWASAN SUPERVISI MANAJERIAL ( RKSM 05 )

28 Sep

5. RENCANA KEPENGAWASAN SUPERVISI MANAJERIAL

( RKSM 05 )

(Standar Proses)

 

A. Aspek / Masalah :

Memantau pelaksanaan Standar Proses  dan memanfaatkan hasil-hasilnya untuk membantu kepala sekolah dalam mempersiapkan akreditasi sekolah..

B. Tujuan :         

Membantu kepala sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan pencapaian Standar Proses  serta membantu mempersiapkan akreditasi sekolah/madrasah.

C. Indikator Keberhasilan :

Semua sekolah binaan memiliki kesiapan pelaksanaan Standar Proses lain :

a   Perencanaan Proses pembelajaran.

  1. Dasar-dasar yang digunakan untuk membuat perencanaan pengembangan  /  penyusunan silabus untuk semua mapel SNP di sekolah telah memenuhi 2 unsur.
  2. Dalam Pembuatan RPP mapel SNP secara lengkap dan sistematik yang telah memenuhi 11 ketentuan, minimal 4-6 mapel telah memenuhi syarat.
  3. Dalam susunan / pengembangan tujuan, metode, dan rencana pelaksanaan pembelajaran di dalam RPP dari mapel SNP yang telah mencantumkan atau memuat cara-cara pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa masing-masing minimal antara (51-750)% terpenuhi.
  4. Kesesuaian antara isi bahan ajar terhadap tuntutan silabus dalam pengembangan RPP minimal (51-75)%.
  5. b.     Pelaksanaan Proses Pembelajaran.
    1. Rata-rata beban kerja guru minimal antara 18 -23 jam/minggu.
    2. Jumlah guru yang melaksanakan pembelajaran dan telah memenuhi langkah-langkah dalam kegiatan pendahuluan yaitu penyiapan siswa, pertanyaan, penjelasan tujuan dan penjelasan materi pembelajaran minimal (51-75)% .
    3. c.      Penilaian Hasil Belajar
      1. Keterlaksanaan (proses) penilaian hasil belajar oleh sekolah berdasarkan ketentauan yaitu untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik, sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran telah memenuhi minimal (51-75)%.
      2. d.   Pengawasan Proses Pembelajaran.
        1. Sekolah melaksanakan pentahapan pemantauan proses pembelajaran minimal telah memenuhi 2 tahapan.
        2. Sekolah melaksanakan supervisi proses pembelajaran  minimal melalui 2 tahapan.
        3. Sekolah melaksanakan evaluasi proses pembelajaran dengan tujuan untuk menentukan kualitas pembelajaran dan kinerja sekolah.
        4. Sekolah melaporkan hasil pemantauan, supervisi, dan evaluasi proses pembelajaran kepada pemangku kepentingan minimal kepada guru/ dewan guru dan pengawas / Dinas Pendidikan Kabupaten Kolaka.

D. Strategi/Metode Kerja (Teknik Supervisi) :

1.   Studi Dokumen

  1. Wawancara
  2. Monitoring dan evaluasi
  3. Supervisi dan pembinaan

E. Skenario Kegiatan :

1       Pertemuan Awal (koordinasi)

  1. Melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum dan Guru untuk menyususn rencana kegiatan  yang terkait dengan kesiapan pelaksanaan Standar Proses.
  2. Menyiapkan sarana pendukung yang diperlukan dalam kegiatan ini.

2.   Pertemuan Inti(Supervi, Monitoring, dan Evaluasi)

  1. Melaksanakan Supervisi, Monitoring dan Evaluasi tentang kesiapan pelaksanaan Standar Proses di masing-masing sekolah binaan .
  2. Mempelajari dan memahami indikator butir-butir dari Standar Proses sebagai panduan dalam menyiapkan bukti fisik yang ada.
  3. Mengisi Instrumen Standar Proses dan Teknik Skoring (TS) oleh masing-masing sekolah sebagai bentuk evaluasi diri.
  4. 2.      Pertemuan Akhir

a.    Refleksi hasil Supervisi yang dilakukan oleh pengawas bersama kepala sekolah serta unsur yang terkait.

  1. Merumuskan kesimpulan untuk ditindak lanjuti
  2. Mengumpulkan hasil supervisi untuk bahan evaluasi

F.  Sumber Daya yang Diperlukan :

  1. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan.
  2. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses.

3.   Instrumen Standar Proses

  1. Petunjuk Teknik Skoring.
  2. Bukti fisik administrasi sekolah/madrasah tentang Standar Proses.

 

G. Penilaian dan Instrumen :

  1. Penilaian : Sudah tercantum dalam Instrumen.
  2. Instrumen : Instrumen Standar Proses.

H. Rencana Tindak Lanjut

  1. Melaksanakan koordinasi sebagai refleksi hasil pemantauan, dengan menyampaikan hasil pemantauan kepada seluruh warga sekolah dan komite sekolah,.
  2. Merencanakan program pemantauan untuk tahun berikutnya dengan menggunakan acuan hasil pemantauan yang telah dilaksanakan.
  3. Melaporakan hasil supervisi kepada Kepala Dinas Dikmudora Kabupaten Kolaka, untuk digunakan sebagai acuan dalam pengambilan kebijakan.

 

                                                                                                         Kolaka ,      Nopember 2012

                                                                                                         Pengawas  Pembina,

 

                                                                                                          Muh. Sunusi, S.Pd.       

                                                                                                          NIP. 19661110 198812 1 005

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 28, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: