RSS

4. RENCANA KEPENGAWASAN SUPERVISI MANAJERIAL ( RKSM 04 ) (Standar Sarana dan Prasarana)

19 Okt

4. RENCANA KEPENGAWASAN SUPERVISI MANAJERIAL

( RKSM 04 )

(Standar Sarana dan Prasarana)

 

A. Aspek / Masalah :

Memantau pelaksanaan Standar Sarana dan Prasarana  dan memanfaatkan hasil-hasilnya untuk membantu kepala sekolah dalam mempersiapkan akreditasi sekolah.

B. Tujuan :         

Membantu kepala sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan pencapaian Standar Sarana dan Prasarana  serta membantu mempersiapkan akreditasi sekolah/madrasah.

C. Indikator Keberhasilan :

Semua sekolah binaan memiliki kesiapan pelaksanaan Standar Sarana dan Prasarana antara lain:

a   Lahan

1.  Sekolah memiliki luas lahan minimal (26-50)% atau lebih untuk SSN dengan jumlah anak per rombongan belajar kelas 1,2,3,4,5,dan 6 masing-masing 28 siswa.

b.  Bangunan

1. Bangunan memiliki luas lantai minimal (26-50)% dengan jumlah anak per rombongan belajar siswa 1,2,3,4,5, dan 6 masing-masing 15 -28 siswa dari standar yang telah ditentukan.

c.  Kelengkapan Sarana dan Prasarana

  1. Sekolah memiliki kelengkapan Sapras pada tahun terakhir minimal memenuhi 5 -9 jenis.

D. Strategi/Metode Kerja (Teknik Supervisi) :

1.    Studi Dokumen

  1. Wawancara
  2. Monitoring dan evaluasi
  3. Supervisi dan pembinaan

 

E. Skenario Kegiatan :

  1. 1.      Pertemuan Awal (koordinasi)

a. Melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum dan Guru untuk menyususn rencana kegiatan  yang terkait dengan kesiapan pelaksanaan Standar Sarana dan Prasarana

  1. Menyiapkan sarana pendukung yang diperlukan dalam kegiatan ini.

2.   Pertemuan Inti(Supervi, Monitoring, dan Evaluasi)

  1. Melaksanakan Supervisi, Monitoring dan Evaluasi tentang kesiapan pelaksanaan Standar Sarana dan Prasarana di masing-masing sekolah binaan .

b. Mempelajari dan memahami indikator butir-butir dari Standar Sarana dan Prasarana sebagai panduan dalam menyiapkan bukti fisik yang ada.

c.  Mengisi Instrumen Standar Sarana dan Prasarana dan Teknik Skoring (TS) oleh masing-masing sekolah sebagai bentuk evaluasi diri.

3.   Pertemuan Akhir

a.   Refleksi hasil Supervisi yang dilakukan oleh pengawas bersama kepala sekolah serta unsur yang terkait.

b.  Merumuskan kesimpulan untuk ditindak lanjuti

  1. Mengumpulkan hasil supervisi untuk bahan evaluasi

F.  Sumber Daya yang Diperlukan :

  1. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan.
  2. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana.
  3. Instrumen Standar Sarana dan Prasarana
  4. Petunjuk Teknik Skoring.
  5. Bukti fisik administrasi sekolah/madrasah tentang Standar Sarana dan Prasaran.

G. Penilaian dan Instrumen :

  1. Penilaian : Sudah tercantum dalam Instrumen.
  2. Instrumen : Instrumen Standar Sarana dan Prasarana.

H. Rencana Tindak Lanjut

1. Melaksanakan koordinasi sebagai refleksi hasil pemantauan, dengan menyampaikan hasil pemantauan kepada seluruh warga sekolah dan komite sekolah,.

2. Merencanakan program pemantauan untuk tahun berikutnya dengan menggunakan acuan hasil pemantauan yang telah dilaksanakan.

3. Melaporakan hasil supervisi kepada Kepala Dinas Dikmudora Kabupaten Kolaka, untuk digunakan sebagai acuan dalam pengambilan kebijakan.

Kolaka ,      Maret 2013

Pengawas  Pembina,

 

Muh. Sunusi, S.Pd.

NIP. 19661110 198812 1 005

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 19, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: