RSS

7. RENCANA KEPENGAWASAN SUPERVISI MANAJERIAL ( RKSM 07 ) (Standar Penilaian)

10 Des

A. Aspek / Masalah :

Memantau pelaksanaan Standar Penilaian  dan memanfaatkan hasil-hasilnya untuk membantu kepala sekolah dalam mempersiapkan akreditasi sekolah..

B. Tujuan :         

Membantu kepala sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan pencapaian Standar Penilaian  serta membantu mempersiapkan akreditasi sekolah/madrasah.

C. Indikator Keberhasilan :

Semua sekolah binaan memiliki kesiapan pelaksanaan Standar Penilaian antara lain:

a   Penilaian Pendidik

1. Jumlah guru menginformasikan rancangan dan kriteria penilaian yang ada dalam silabus mata pelajaran kepada siswa pada awal semester dalam satu tahun terakhir, minimal (26-50)% guru menyampaikan.

  1.           i.     Penilaian Satuan Pendidikan
    1. Jumlah mata pelajaran yang ditentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)-nya melalui rapat dewan guru dengan memperhatikan : karaktristik siswa, karaktristik mata pelajaran, dan kondisi sekolah dalam tahun terakhir minimal (56-70)%.

c.  Penilaian oleh Pemerintah.

1. Sekolah memiliki prestasi UN yang ditunjukkan dengan presentase kelulusan pada tahun terakhir, minimal (71-80)%.

D. Strategi/Metode Kerja (Teknik Supervisi) :

1.   Studi Dokumen

  1. Wawancara
  2. Monitoring dan evaluasi
  3. Supervisi dan pembinaan

E. Skenario Kegiatan :

1.  Pertemuan Awal (koordinasi)

a. Melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulm dan Guru   untuk menyususn rencana kegiatan  yang terkait dengan kesiapan pelaksanaan Standar Penilaian.

  1. Menyiapkan sarana pendukung yang diperlukan dalam kegiatan ini.

2.  Pertemuan Inti(Supervi, Monitoring, dan Evaluasi)

a. Melaksanakan Supervisi, Monitoring dan Evaluasi tentang kesiapan pelaksanaan Standar Penilaian di masing-masing sekolah binaan .

b. Mempelajari dan memahami indikator butir-butir dari Standar Penilaian sebagai panduan dalam menyiapkan bukti fisik yang ada.

  1. Mengisi Instrumen Standar Penilaian dan Teknik Skoring (TS) oleh masing-masing sekolah sebagai bentuk evaluasi diri.

3.   Pertemuan Akhir

a.   Refleksi hasil Supervisi yang dilakukan oleh pengawas bersama kepala sekolah serta unsur yang terkait.

b.   Merumuskan kesimpulan untuk ditindak lanjuti

c.   Mengumpulkan hasil supervisi untuk bahan evaluasi

F.  Sumber Daya yang Diperlukan :

  1. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan.
  2. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian.
  3. Instrumen Standar Penilaian
  4. Petunjuk Teknik Skoring.

5.  Bukti fisik administrasi sekolah/madrasah tentang Standar Penilaian.

G. Penilaian dan Instrumen :

  1. Penilaian : Sudah tercantum dalam Instrumen.
  2. Instrumen : Instrumen Standar Penilaian.

H. Rencana Tindak Lanjut

1. Melaksanakan koordinasi sebagai refleksi hasil pemantauan, dengan menyampaikan hasil pemantauan kepada seluruh warga sekolah dan komite sekolah.

2. Merencanakan program pemantauan untuk tahun berikutnya dengan menggunakan acuan hasil pemantauan yang telah dilaksanakan.

3. Melaporakan hasil supervisi kepada Kepala Dinas Dikmudora Kabupaten Kolaka, untuk digunakan sebagai acuan dalam pengambilan kebijakan.

Kolaka ,      Juni 2013

Pengawas  Pembina,

 

Muh. Sunusi, S.Pd.

NIP. 19661110 198812 1 005

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 10, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: